Tehknologi>diikiuti atau Membodohi.....??

Sedikit kaget dengan apa yang sempat saya lihat semalam, disalah satu tv swasta berlogo merah, melihat Presiden SBY berpidato mengenai gejolak memanas yang sedang terjadi di Yogyakarta. Memang saat itu samar-samar terlihat namun ada yang aneh..ada logo Apple dipodium tempat Pak SBY berpidato.


Pagi hari saat berada dikantor, seorang rekan mengirimkan link kepada semua teman-teman, khususnya staff yang “dapat dipercaya”. Berikut adalah link yang dikirimkan via email, so cekidot hahaha bahasa ala kaskuser disini sedikit agak membingungkan memang, apa yang sedang dibahas oleh Presiden saat pidato, namun komentar kita berbeda alias malah lebih mengomentari gadget yang digunakan.

Pak SBY menggunakan iPad sebagai contekan beliau berpidato. Memang sah-sah saja dan tidak ada salah seorang pun dapat melarang. Namun yang muncul dari pertanyaan dibenak saya, kenapa harus iPad? Apakah karena bentuk nya yang kecil? Apakah karena tampilannya yang terkesan lux dan mahal? Mengapa tidak menggunakan catatan kertas saja, bukankan itu yang sering digunakan Presiden.

iPad, kalau kita lihat harganya memang hanya terjangkau oleh kalangan menengah keatas, melihat gadget yang digunakan oleh Presiden mungkin tahun depan yaitu 2011, gadget ini akan tren dipasaran terutama kalangan pemerintahan. Small, lux,elegan,easy to mobile dan lainnya merupakan efek yang kita rasakan ketika memiliki gadget itu.

Namun, hendaknya kemajuan teknologi tersebut kita ikuti bukan karena kita ingin terlihat tampil wah atau terlihat eksis. Perlu dipertanyakan apakah gadget mahal tersebut bisa difungsikan semaksimal mungkin atau hanya sebatas pamer. Pengalaman saya dikantor, pimpinan yang menggunakan iPad kebingungan ketika ingin menggunakan aplikasi perkantoran di iPad nya. Padahal mengapa tidak menggunakan netbook saja yang berukuran kecil?

Ya teknologi memang selalu berkembang dan makin hari makin pesat. Ada sebagian orang yang memang maniak dan selalu update gadget. Ada juga yang hanya sekedar mengikuti info gadget terbaru hehe seperti saya (maklum dana terbatas) dan ada juga yang walaupun ada gadget baru namun tetap cuek dan tidak mengurusi.

Teknologi, bertujuan untuk membantu kita dalam menggerjakan segala sesuatu. Namun apabila teknologi itu hanya sebatas pemakaian di titik minimum, sudah sepatutnya kita memikirkan dan melakukan seleksi akan teknologi yang digunakan. “So Be a gadget holic but you cant operate it or you use traditional gadget like paper but the result is maximum..” Pilihan ada ditanggan anda.
Share on Google Plus

About Willer Marbun

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar anda :